BERITA TERKINI :
Home » » Doha Komitmen Bantu Hamas, Kesepahaman Makin Kuat

Doha Komitmen Bantu Hamas, Kesepahaman Makin Kuat

 ]


Doha-Pusat Informasi Palestina: Pejabat Qatar mengatakan, sangat sulit meminta pimpinan gerakan Hamas untuk meninggalkan Doha, Hamas merupakan gerakan pembebasan yang memiliki hubungan politik kuat dan lama dengan Qatar.
Pejabat di Kemlu Qatar yang menolak disebutkan identitasnya menyatakan kepada harian berita Libanon, bahwa Qatar dan Hamas memiliki hubungan politik yang kuat dan telah berlangsung sejak tahun 1999 lalu, terutama setelah Hamas keluar dari Yordania.
Disebutkannya, dukungan negaranya kepada Hamas bersumber dari keyakinan politik dan norma, bukan karena reaksi terhadap sikap politik, terutama karena Hamas merupakan gerakan pembebasan nasional.
Lebih jauh dari itu, ada kesepahaman politik seputar perkembangan Palestina, termasuk masalah regional.
Terkait masalah regional dan perkembangannya, pejabat Qatar menegaskan, hubungan negaranya dengan Hamas tak akan terpengaruh dengan scenario politik di kawasan, karena Hamas telah menghindarkan dirinya dari masalah ini, meski ada upaya untuk melibatkannya.
Terkait dampak dari dukungan kepada Hamas, pejabat Qatar menyebutkan, Doha bersikap sama terhadap semua elemen politik Palestina, namun kami memberikan perhatian kepada Hamas, terutama setelah membuka biro politiknya disini, pasca keluar dari Damaskus.
Terkait dampak buruk hubungannya dengan negara-negara Teluk akibat mendukung Hamas, pejabat Qatar mengatakan, mereka yang mengamati politik luar negeri Hamas pasti mengetahui bahwa keberadaan Hamas tak memperburuk rezim di kawasan, dan tak ada masalah dengan rezim-rezim Arab, berbeda dengan sikap rezim-rezim tersebut kepada jamaah Ikhwanul Muslimin di Mesir.
Menurutnya, sampai saat ini tak ada usulan untuk berlepas dari Hamas, dalam upaya mendekatkan diri dengan negara-negara Teluk. (qm/infopalestina.com)
Bagi Artikel ini :

0 Komentar:

Sampaikan komentar anda

Untuk perbaikan kami... !

 
Supported by : KNRP Kota Bima | Divisi Media dan Humas
Hak Cipta © 2013-2014 KNRP│Kota Bima Online - All Rights Reserved
Web prepared by abujadidbima Published by Divisi Media dan Humas
Proudly developed by abujadidbima