Sabtu, 27 September 2014

Hamas dan Fatah Akhirnya Sepakat Inilah Hasilnya:

BY KNRP Kota Bima IN No comments



Gaza – Infopalestina: Pusat infopalestina melansir sejumlah hasil kesepkatan antara gerakan Hamas dan Fatah selama dalam pembahasanya di Kairo.
Pembicaraan masih berlangsung hingga dua hari ke depan. Dalam sesi pertama, Kamis (25/9) kemarin berakhir, kedua gerakan ini menyepakati sejumlah agenda.
Kesefahaman dua gerakan Hamas-Fatah di Kairo
25 September 2014
1.      Masalah Pemerintahan
Pemerintahan rekonsiliasi bersama para menterinya lebih dimantapkan lagi pada sektor-sektor khusus, sesuai dengan kewenanganya serta profesionalismenya sejalan dengan dokumen kesepakatan nasional yang telah ditanda tangani pada 4/5/2011, menurut UU Dasar pemerintah nasional Palestina serta berkomitmen untuk memperkecil hambatan hingga tercapainya persatuan penggabungan para pegawai di semua departemen, selain menempatkan semua lembaga dan badan khusus sesuai dengan peruntukanya seperti tercantum dalam UU Dasar Palestina.
Kedua gerakan komitmen untuk mempercepat kerja pemerintahan rekonsiliasi nasional dalam melaksanakan agenda dan kewajibanya pada rakyat. Kedua pihak sepakat mendukung sepenuhnya pemerintah dalam menghentikan blokade dan memberdayakan semua perangkat di semua perlintasan dengan Israel.
2.      Pencabutan Blokade dan Rekontruksi
Maslaah blokade dan rekontruksi Gaza menjadi prioritas utama bagi rakyat dan merupakan elemen kekuatan politik. Untuk merealisasikan hal tersebut, maka kami menegaskan komitmen kami untuk menghentikan tembakan senjata, sesuai dengan hasil kesepakatan dalam perundingan tidak langsung antar kedua belah pihak atas prakarsa Mesir.
3.      Dewan  Parlemen
Kedua belah pihak menyerukan pelaksanaan apa yang tercantum dalam dokumen kesepakatan nasional khususnya terkait parlemen, sesuai dengan kesefahaan dimana pemerintahan rekonsiliasi terbentuk. Oleh karena itu, kedua pihak menyerukan sidang-sidang kembali digelar. Menyerukan kepada ketua parlemen untuk menerbitkan surat undangan guna pelaksanaan sidang parlemen dan dimulainya kembali tugas dan fungsi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
(asy/Infopalestina.com)

0 Komentar:

Posting Komentar