BERITA TERKINI :
Home » » Mantan Menteri Zionis: Perjanjian Oslo Membantu Ekstrim Kanan Zionis

Mantan Menteri Zionis: Perjanjian Oslo Membantu Ekstrim Kanan Zionis





Jerusalem – Pusat Informasi Palestina: Mantan Menteri Zionis Yose Bilin, yang merupakan “arsitek perjanjian Oslo” mengakui bahwa perjanjian ini membantu ekstrim kanan Zionis. Dia menilai bahwa pemerintah-pemerintah ekstrim kanan Zionis mengetahui fakta bahwa Oslo membantu jalan ideologinya, itulah yang menjadikan mereka menghindari pembatasan perjanjian tersebut.
Bilin mengatakan, pengetahuan PM Zionis Benyamin Netanyahu (yang memiliki kecenderungan kepada kelompok ekstrim kanan) akan manfaat yang terkandung di dalam perjanjian Oslo, membuatnya mengurungkan janjinya dari pembatalan perjanjian ini.
Bilin menegaskan bahwa pemerintah ekstrim kanan bersandar kepada apa yang tertuang di dalam perjanjian Oslo guna membenarkan aksi-aksi yahudisasi dan permukiman Yahudi di Tepi Barat secara luas. Dia menegaskan bahwa pemerintah ekstrim kanan Zionis menggunakan perjanjian ini untuk membenarkannya menghindar dari komitmen apapun terhadap orang-orang Palestina di seluruh penjuru Tepi Barat.
Bilin menjelaskan bahwa perjanjian Oslo telah melahirkan Otoritas Palestina yang memaafkan “Israel” dari komitmennya sebagai negara penjajah dan membebaskannya dari beban memberikan pelayanan kepada ratusan ribu orang Palestina.
Bilin mengingatkan bahwa pemerintah ekstrim kanan Zionis tahu sekiranya bukan karena Oslo mereka tidak bisa menikmati buah kerjasama keamanan dengan dinas keamanan Otoritas Palestina. Yaitu kerjasama yang meneguhkan permukiman Yahudi membesar dalam kondisi ideal.
Bilin menyatakan, bukti sejauh mana pemerintah ekstrim kanan Zionis memanfaatkan perjanjian Oslo adalah bahwa pemerintah Netanyahu meminta Hamas mengakui perjanjian ini agar bisa berdialog dengannya.
Bilin menegaskan bahwa pemerintah ekstrim kanan Zionis terus melakukan kemunafikan politik. Yaitu di satu sisi mengecam Oslo dan di waktu yang sama menikmati buahnya. Selain itu, berkat perjanjian ini pemerintah Zionis terbebas dari pemboikotan Arab atas “Israel” serta membuka kesempatan membangun hubungan dengan banyak negara Arab secara terang-terangan untuk pertama kalinya. (asw/infopalestina.com)
Bagi Artikel ini :

0 Komentar:

Sampaikan komentar anda

Untuk perbaikan kami... !

 
Supported by : KNRP Kota Bima | Divisi Media dan Humas
Hak Cipta © 2013-2014 KNRP│Kota Bima Online - All Rights Reserved
Web prepared by abujadidbima Published by Divisi Media dan Humas
Proudly developed by abujadidbima