Sabtu, 27 September 2014

Mesir Mangkir Dari Janjinya Permudah Perlintasan Rafah

BY KNRP Kota Bima IN No comments




Gaza – Infopalestina: Direktur lembaga umum di perbatasan Gaza, Maher Abu Shubhah mengatakan, pihak Mesir kembali mangkir dari janjinya yang akan memberikan kemudahan akses bagi warga yang akan berangkat dari Gaza menuju luar negeri, walau dalam kondisi yang sangat membutuhkan.
Dalam keteranganya, Abu Shubhah mengatakan, pihaknya telah mendapatkan janji dari pihak Mesir, Selasa kemarin bahwa mereka akan memberikan kemudahan akses di perlitasan Rafah. Namun ternyata janji tersebut hanya janji, tak pernah terbukti. Kebijakan mereka masih sama, hanya memperbolehkan warga yang telah mendapatkan rujukan resmi dari departemen kesehatan Palestina atau mereka yang terdapat stempel khusus di paspornya.
Ia menambahkan, mereka sangat teliti dengan semua paspor yang akan berangkat ke luar Gaza, namun tak pernah memperdulikan  visa izin masuk dari pemerintah Mesir, kecuali sangat terbatas.
Sampai hari ini, pemerintah Mesir tidak memperdulikan kebutuhan para pelajar mahasiswa di Mesir. Pihak Palestina tidak bisa berbuat apa-apa terhadap para pelajar yang sedang menimba ilmu di Mesir tanpa ada persetujuan dari pihak Mesir itu sendiri.
Sejak Selasa kemarin, hanya sembilan kendaraan yang diperbolehkan melintas perbatasan Rafah. Mereka adalah yang sudah terdaftar pada hari Ahadnya dan telah mendapatkan surat rujukan medis dari depkes. Kebijakan ini akan berlaku setiap hari Ahad.
Pemerintah Mesir hanya membuka perlintasan Rafah untuk kebutuhan khusus saja, sejak agresi Zionis tiga bulan yang lalu, terutama bagi para pasien saja. (asy/Infopalestina.com)

0 Komentar:

Posting Komentar