BERITA TERKINI :
Home » » Ban Ki-Moon: Netenyahu! Pembebasan Blokade Gaza Halangi Pertempuran

Ban Ki-Moon: Netenyahu! Pembebasan Blokade Gaza Halangi Pertempuran




New York – Pusat Informasi Palestina: Sekjen PBB Ban Ki-Moon menegaskan daruratnya pembebasan Jalur Gaza  dari blokade yang sudah berlangsung sejak bertahun-tahun. Hal itu disampaikan Moon dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri 'Israel' Benjemen Netenyahu malam kemarin di New York.
Dalam pernyataan yang disampaikan oleh juru bicara resmi Sekjen PBB, Ban Ki-Moon menggelar pertemuan tertutup dengan Netenyahu dan menegaskan di sela-sela pertemuan itu bahwa kebutuhan mendesak untuk membebaskan blokade yang diterapkan kepada Jalur Gaza  dan merespon kekhawatiran keamanan yang legal bagi 'Israel'.
Kepada Nentenyahu, Ki-Moon mengungkapkan kekhawatirannya yang mendalam terhadap berlanjutnya aktvitas pembangunan pemukiman Yahudi di wilayah Palestina terjajah dan perlu mengembalikan harapan politik tanpa perlu ditunda-tunda.
Sekjen PBB itu juga menegaskan, kemunduran kepada situasi sebelumnya yakni sebelum operasi militer 'Israel' ke Jalur Gaza  pada Juli lalu bukan pilihan sehingga perlu dicari faktor pemicu konflik dan kemudian dicegah.
Ki-Moon menyambut baik kesepakatan yang diumumkan belakangan antara 'Israel' dan Otoritas Palestina serta PBB soal masuknya bahan kebutuhan pokok dan bahan  bangunan dasar secara aman untuk rekontruksi Jalur Gaza dan menyampaikan harapannya agar kesepakatan itu dijalankan segera.
Sebelumnya, delegasi PBB untuk PBB Robert Serei mengumumkan pada pertengahan bulan ini bahwa PBB dan 'Israel' serta Otoritas Palestina telah mencapai kesepakatan untuk mengizinkan dimulainya rekontruksi Gaza dan memberikan peran kepada elit Otoritas Palestina dalam melakukan rekontruksi dengan memberikan jaminan keamanan melalui pengawas PBB.
Sejak Hamas menang pemilu legislatif pada Januari 2006, 'Israel' menerapkan blokade darat dan laut terhadap Jalur Gaza setelah wilayah itu dikuasai. Blokade itu berlanjut meski Hamas sudah melepaskan Gaza setelah dibentuk pemerintahan (kabinet) persatuan nasional dan dilakukan sumpa jabatan pada 2 Juni lalu. (at/infopalestina.com)
Bagi Artikel ini :

0 Komentar:

Sampaikan komentar anda

Untuk perbaikan kami... !

 
Supported by : KNRP Kota Bima | Divisi Media dan Humas
Hak Cipta © 2013-2014 KNRP│Kota Bima Online - All Rights Reserved
Web prepared by abujadidbima Published by Divisi Media dan Humas
Proudly developed by abujadidbima