BERITA TERKINI :
Home » » Mesir Izinkan Delegasi Oman Masuk Gaza Selama ½ Jam

Mesir Izinkan Delegasi Oman Masuk Gaza Selama ½ Jam




Gaza – Infopalestina: Departemen dalam negeri Palestina di Gaza mengatakan, pemerintah Mesir akhirnya mengizinkan delegasi Oman masuk Gaza melalui perlintasan Rafah selama kurang lebih setengah jam, demi untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Gaza.
Dalam keterangan persnya,  departemen dalam negeri ini mengatakan, delegasi Oman yang terdiri dari badan umum sosial berhasil masuk Gaza bersama konvoi bantuan yang terdiri dari 20 kontainer membawa kebutuhan kemanusiaan dan makanan bagi rakyat Gaza.
Sebelumnya, departemen luar negeri Palestina di Gaza menerbitkan laporan pertengahan bulan lalu yang menyebutkan, adanya stagnasi secara total pengiriman bantuan serta konvoi kemanusiaan yang masuk Gaza, jika dibanding kondisi perang tahun 2012 lalu.
Dalam laporanya, menteri menuding pemerintah Mesir sengaja menahan puluhan bantuan internasional, termasuk di dalamnya delegasi medis dan relawan kemanusiaan untuk Gaza dengan alasan bermacam macam.
Selama ini, perlintasan darat Rafah hanya diperuntukan bagi orang-orang tertentu saja. Hingga kini belum ada pembicaraan antara faksi-faksi perlawanan dengan israel sejak 26 Agustus lalu terkait perlintasan Rapah. Padahal perlintasan Rafah tidak ada hubunganya sama sekali dengan Zionis.
Kesepakatan pembukaan perlintasan antara pemerintah Palestina dengan Israel telah ditanda tangani pada 15 Nopember 2005 disaksikan sejumlah pemantau Eropa dan kamera media.
Sementara itu, para pemantau Eropa dilarang masuk Gaza pada tahun 2006 lalu. Dan sejak saat itu, perlintasan Rafah dibuka dan ditutup tanpa harus menunggu persetujaun siapapun, setelah gerakan Hamas berhasil menawan serdadu Gilad Shalit.
Pemerintah Zionis hanya membuka perlintasan tersebut untuk urusan kemanusiaan saja. Karena perlintasan tersebut yang utama, tidak mungkin dibuka kecuali melalui kesepakatan antara pemerintah Palestina dengan pemerintah Zionis. (asy/Infopalestina.com)
Bagi Artikel ini :

0 Komentar:

Sampaikan komentar anda

Untuk perbaikan kami... !

 
Supported by : KNRP Kota Bima | Divisi Media dan Humas
Hak Cipta © 2013-2014 KNRP│Kota Bima Online - All Rights Reserved
Web prepared by abujadidbima Published by Divisi Media dan Humas
Proudly developed by abujadidbima