BERITA TERKINI :
Home » » Menlu Denmark Kunjungi Gaza dan Sumbang 3,4 Juta USD

Menlu Denmark Kunjungi Gaza dan Sumbang 3,4 Juta USD




Gaza – Pusat Informasi Palestina: Menteri Luar Negeri Denmark Lidegaard kemarin sore Rabu (4/11) mengunjungi Jalur Gaza. Ini merupkan kali kedua menteri luar negeri dari negara Eropa berkunjung ke Jalur Gaza  pasca agresi 'Israel' ke wilayah ini.
Dalam kunjungannya, Menlu Denmark ini menyaksikan langsung tingkat kerusakan Jalur Gaza  akibat agresi 'Israel' pada musim panas lalu. Ia juga mendengarkan secara ringkas dukungan dana, kemanusiaan, dan politik yang seharusnya diberikan oleh dunia dalam rangksa merekontruksi Jalur Gaza.
Menlu berkeliling di perkampungan Sejaiah yang mengalami aksi penghancuran. Juga mengunjungi pusat penampungan pengungsi milik Badan Bantuan Pengungsi Palestina (UNRWA) di sekolah Zaitun di Gaza. Penampungan ini berisi sebanyak 1.642 orang dari 30.000 warga Jalur Gaza  yang mengungsi karena rumah mereka dihancurkan oleh 'Israel'.
Menlu Lidegaard mengungkapkan dalam sambutannya saat berkunga, pemerintah Denmark mendukung program UNRWA dan memberikan bantuan baru kepada UNRWA senilai 4,3 juta US dolar, 3,4 juta darinya untuk mendukung UNRWA khusus di Jalur Gaza.
“Saya sudah saksikan sendiri begitu beratnya kerusakan Jalur Gaza  akibat agresi 'Israel' selama 50 hari dan akan memberikan pengaruh berkelanjutan kepada ribuan nyawa. Anak-anak di sini mengalami kondisi sangat memilukan sehingga mereka membutuhkan dukungan penuh dari dunia” tegasnya.
Ia juga menambahkan, Denmakr bangga ikut berkontribusi dalam memberikan bantuan kepada UNRWA dan dukungan aktif menjamin anak-anak Gaza bisa terus sekolah.
Menlu Lidegaard juga mendengarkan paparan dari kerja UNRWA di Gaza dari ketuanya di Jalur Gaza  Robert Turner dan menyatakan, “Kami berterimakasih kepada dukungan Denmark dan mengapresiasi kunjungan ini dan dukungannya yang sangat penting bagi keluarga Palestina di Gaza agar bisa bertahan hidup terutama menjelang musim dingin seperti sekarang.”
Selama 2014, total bantuan Denmark untuk UNRWA sebesar 22,6 juta dolar.
Sebelum ini, Menteri Luar Negeri Norwegia mengungjungi Jalur Gaza  pasca agresi 'Israel' ke wilayah kecil Palestina itu dan juga kunjungan Ban Ki-Moon, Sekjen PBB. Sayang, tak ada satupun pejabat Arab mengunjungi Jalur Gaza. (at/inopalestina.com)
Bagi Artikel ini :

0 Komentar:

Sampaikan komentar anda

Untuk perbaikan kami... !

 
Supported by : KNRP Kota Bima | Divisi Media dan Humas
Hak Cipta © 2013-2014 KNRP│Kota Bima Online - All Rights Reserved
Web prepared by abujadidbima Published by Divisi Media dan Humas
Proudly developed by abujadidbima