BERITA TERKINI :
Home » » Delegasi Hamas: Indonesia Saudara Tertua, Kami Optimis Didukung Penuh

Delegasi Hamas: Indonesia Saudara Tertua, Kami Optimis Didukung Penuh


Muslim Imran, anggota delegasi Hamas untuk Indonesia


Jakarta – Pusat Informasi Palestina: Setelah melakukan sejumlah lawatan kunjungan dengan pejabat resmi dan sejumlah organisasi penting di Indonesia, kunjungan delegasi Hamas ke Indonesia berakhir Sabtu (28/11). Hubungan mendarah daging antara Palestina dan Indonesia ingin dikukuhkan dan diefektifkan oleh Hamas sebagai salah kekuatan penting di Palestina.
Kunjungan Hamas ini sendiri sebagai rangkaian dari kunjungan ke sejumlah negara Islam dan negara-negara Asia. Tujuannya menghimpun dukungan dari negara Islam untuk Palestina. Mulai dari kunjunan ke Lahore 20 November lalu atas undang Jamaah Islami Pakistan untuk mengikuti konferensinya.

Dilanjutkan kunjungan ke Malaysia atas undangan partai UMNO (partai penguasa) untuk memperkuat hubungan bilateral karena memang hubungan dengan negara tetangga Indonesia ini sudah terbangun kuat cukup lama. Mereka bertemu Perdana Menteri, Menteri dalam negeri dan ketua partai UMNO. Hamas sendiri sudah membuka kantor perwakilannya di Malaysia ada sejak empat tahun lalu.
Dilanjutkan kunjungan ke Indonesia untuk menghidupkan dan mengefektifkan dan melakukan konsilidasi hubungan dengan Indonesia yang sudah terjalin cukup lama. Namun di level pertemuan dengan elit penting di DPR ini, barang kali ini pertama kalinya. Sejumlah pertemuan digelar dengan wakil presiden Yusuf Kalla, jajaran pimpinan DPR, pejabat penting di kementerian luar negeri, dan lembaga penting lainnya.
Dalam wawancarnya dengan Pusat Informasi Palestina di Jakarta kemarin Minggu (30/11) salah satu anggota delesai Hamas, Muslim Imran menegaskan, Saat ini Palestina berada dalam situasi berbahaya. Sementara situasi di kawasan negara- negara Arab sekitar Palestina dalam situasi yang tidak berdaya dan konflik dalam negeri masing-masing sehingga permasalahan Palestina tersingkirkan. Hal itu bisa dilihat respon Arab terhadap agresi 'Israel' ke Gaza terakhir selama 51 hari masih jauh di banding tingkat kekejaman Israel, tegas Muslim. 
Menurut Muslim, hal itu yang mendorong Hamas untuk meluaskan komunikasi dengan negara selain Arab, seperti Malaysia, Indonesia, Pakistan. Selain itu, Hamas menyadari Indonesia adalah negara Muslim terbesar. Indonesia saudara tua kami yang memiliki posisi cukup kuat di forum-forum internasional dan kami berharap kunjungan ini bisa mendorong Indonesia untuk bisa memberikan dukungan efektif terhadap Palestina dan menghentikan kejahatan penjajah 'Israel', tegas Imran optimis.
Ketika ditanya kans Indonesia memungkin berperan sebagai fasilitator rekonsiliasi Palestina, Muslim menjawab, Hamas meyakini semua negara-negara Muslim dunia memiliki posisi yang sama dalam menghentikan kejahatan 'Israel' dan memediasi rekonsiliasi Palestina. Memang saat ini Mesir yang selama ini menjadi mediator, justru setelah kudeta militer perannya menjadi negatif terhadap Palestina; mereka menutup perlintasan Rafah dan hanya membuka beberapa waktu saja dan menghancurkan terowongan bawah tanah. Karena itu, sebagian besar Palestina merasa negara Muslim seperti Indonesia dan Malaysia bisa memainkan perannya.
Selain itu, pasca agresi 'Israel' ke Gaza, citra dan popularitas Hamas sebagai faksi perlawanan terdepan melawan seranga 'Israel' mengalami kenaikan, imbuh Muslim. Selama agresi, massa di hampir belahan bumi turun ke jalan mendukung kelompok perlawanan. Selain itu, sejumlah pejabat resmi internasional lintas agama berdatangan ke Jalur Gaza  untuk memberikan dukungan.
Muslim megaku selama pertemuannya dengan sejumpat pejabat penting Indonesia mendapatkan respon dan sambutan positif. Bahkan mereka menyambut baik jika Hamas hendak membuka biro perwakilan di Jakarta. Mungkin sebagian pihak tidak mendukung kami dalam hal ini, kami yakin sebagian besar mendukung kami, tegas Muslim. (at/infopalestina.com)
Bagi Artikel ini :

0 Komentar:

Sampaikan komentar anda

Untuk perbaikan kami... !

 
Supported by : KNRP Kota Bima | Divisi Media dan Humas
Hak Cipta © 2013-2014 KNRP│Kota Bima Online - All Rights Reserved
Web prepared by abujadidbima Published by Divisi Media dan Humas
Proudly developed by abujadidbima