BERITA TERKINI :
Home » » Faksi-faksi Bertemu di Gaza Bahas Langkah ke ICC dan Krisis Listrik

Faksi-faksi Bertemu di Gaza Bahas Langkah ke ICC dan Krisis Listrik



 Gaza – Pusat Informasi Palestina: Faksi-faksi Nasional dan Islam Palestina pada hari ini, Selasa (6/1/2015) bertemu di Gaza untuk membahas langkah bergabung ke Pengadilan Pidana Internasional (International Criminal Court/ICC) serta membahas krisis listrik di Gaza dan solusi yang mungkin dilakukan untuk mengatasinya.
Jurubicara Hamas Dr. Sami Abu Zuhri mengatakan, kesepakatan mengadakan pertemuan ini terjadi selama pertemuan sebelumnya antar pimpinan gerakan Hamas dan Front Rakyat yang dihadiri Dr. Musa Abu Marzuq dan Rabah Muhanna.
Dia menegaskan bahwa pertemuan dengan pimpinan Front Rakyat dalam konteks memperkuat hubungan antara kedua belah pihak dan membahas persoalan-persoalan politik. Kedua belah pihak menegaskan pentingnya memperkuat upaya nasional untuk menghentikan tindakan mempermainkan hak-hak nasional, sebagai contoh adalah peristiwa terakhir langkah Presiden Otoritas Palestina Mahmud Abbas di DK PBB.
Dalam pertemuan juga dibahas keluhan warga di antaranya berkaitan dengan krisis listrik dan disepakati untuk diadakan pertemuan faksi-faksi pada hari ini yang melibatkan semua faksi Palestina untuk membahas dua masalah utama, yang pertama membahas langkah bergabung ke Pengadilan Pidana Internasional.
Sedianya akan dilakukan kajian hukum untuk langkah ini dari para pakar, juga akan mendengarkan perndapat dari para pejabat dalam masalah listrik seputar realitas perusahaan listrik dan bagaimana caranya kerjasama untuk meringankan krisis pemutusan listrik agar tidak terlama lama pemutusannya.
Sebelumnya Wakil Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyah juga telah bertemu dengan delegasi Jihad Islam untuk membahas kerjasama dan krisis yang terjadi di Jalur Gaza.
Krisis listrik di Jalur Gaza sudah sampai pada tingkat yang memprihatinkan. Pemutusan setiap harinya mencapai 18 jam setiap hari. Sementara itu pemerintah rekonsiliasi Palestina terus menolak memikul tanggung jawabnya terhadap krisis yang terjadi di Jalur Gaza, terutama berkaitan dengan perlintasan, para pegawai dan sektor kesehatan. (asw/infopalestina.com)
Bagi Artikel ini :

0 Komentar:

Sampaikan komentar anda

Untuk perbaikan kami... !

 
Supported by : KNRP Kota Bima | Divisi Media dan Humas
Hak Cipta © 2013-2014 KNRP│Kota Bima Online - All Rights Reserved
Web prepared by abujadidbima Published by Divisi Media dan Humas
Proudly developed by abujadidbima